Tips Memilih Bahan Hijab Fashions Yang Nyaman

Tips Memilih Bahan Hijab Fashions Yang Nyaman-Hijab muslim fashion sekarang ini sudah berkembang begitu pesat dan sudah menjadi trend center di dunia fashion.Banyak anak muda,orang tua maupun dewasa yang mulai mengikuti muslim style fashion,mereka mulai mencari-cari hijab and fashion muslim boutique online.Di toko online tersebut biasa menjul beautiful hijab style,hijab style dress,modern hijab style,muslim abaya dan masih banyak lagi.Tapi kebanyakan orang untuk mencari hijab nyaman,mereka kurang mengerti dan paham tentang sifat dari bahan hijab tersebut.Banyk stylish hijab clothes yang  menjelaskan tentang beberapa jenis kain untuk hijab beserta sifat kainya.Berikut beberapa jenis kain yang digunakan untuk bahan hijab:

SIFON atau CHIFFON

Jenis kain kerudung ini terbuat dari bahan dasar kapas, sutra dan serat sintetis.  Jenis kain kerudung ini memiliki sifat tipis, licin dan panas ketika digunakan untuk bahan kerudung jika tidak ada kombinasi lain dalam desain kerudung itu sendiri, biasanya kain jenis ini dalam pemakaian nya di ikuti oleh ciput dari bahan kaos. Meskipun demikian bahan kain kerudung ini cukup banyak di gemari oleh kaum hawa karena sifatnya yang ringan dan nge-flow. Kain sifon merupakan kain yang sangat ringan yang bisa terbuat dari katun, sutra ataupun benang sintetis. Sifon dibuat secara eksklusif dari serat sutra. Kerudung jenis Chiffon ini sangat mudah dikreasikan menjadi berbagai macam gaya namun membutuhkan pin, jarum pentul atau peniti untuk membuat kerudung tidak mudah lepas. Selain ini jenis Chiffon ini juga motif nya banyak lucu dan unik, yang dapat disesuaikan dengan gaya santai, casual maupun ke pesta. Banyak bergo yang berbahan chiffon. Baik chiffon  two tone ataupun chiffon crepe. Meskipun agak panas, tapi bergo chiffon dapat dijadikan alternative buat acara yang lebih semi formal. Bila memilih bergo chiffon ini lebih baik sesuaikan dengan bahan busana. Chiffon sekarang ini banyak ditemui untuk pashmina dan terdapat dalam bentuk bermotif maupun polos. Kelebihan : Hijab berbahan sifon akan memberikan kesan elegan bagi orang yang memakainya, sehingga cocok digunakan untuk menghadiri acara semi-formal dan formal. Kekurangan : Bahan ini tidak cocok untuk digunakan saat cuaca panas dan cepat kusam.

Hijab Fashions

HYCON

Kalo sekilas di lihat  kain kerudung ini tak tak terlihat berbeda dengan jenis kain kerudung sifon, kain kerudung sifon lebih licin dari kain kerudung hycon, akan tetapi jenis kain kerudung ini memiliki sifat lebih lembut di bandingkan dengan jenis sifon, biasanya dalam pemakainya kerudung ini di tambahkan ciput sebelum di lapisi kerudung hycon.  Desain jilbab atau kerudung jenis bisa bisa juga dibuat dengan istilah double hycon. Maksudnya dibuat dua lapis. Hicon sendiri memiliki ciri serat kain lebih rapat dibanding kain paris kw1, lebih lembut dan halus, tidak licin, bahannya pun “jatuh” tidak “ngembang”.

VOILE

Jenis kain kerudung ini memiliki sifat hampir sama dengan bahan kerudung hycon, yaitu sama – sama memiliki sifat halus dan lembut, kain kerudung ini sangat cocok di gunakan waktu siang hari dan penggunaannya pun harus menggunakan dalaman, seperti ciput atau ninja, meskipun demikian jenis kain kerudung ini memiliki sifat tidak lentur. Kain kerudung jenis ini terbuat dari bahan kapas tapi ada juga yang menggunakan bahan dasar rayon, sutra maupun polyester. Kelebihan : Bahannya halus dan lembut sehingga sangat nyaman dipakai dan cocok digunakan pada siang hari. kekurangan : Bahannya tidak lentur sehingga sulit untuk dikreasikan.

SPANDEK

Kain jenis  ini juga cukup mudah dalam proses pencuciannya, jenis kain kerudung ini banyak jenisnya dan yang paling menarik dari jenis kain ini adanya efek mengkilap, meskipun tidak semua jenis kain kerudung spandek memiliki efek mengkilap. Spandek adalah bahan kain yang terbuat dari unsur non alami. Kainnya halus, lentur dan lembut. Kadang spandek ada unsur sutranya, orang sering sebut Spandek Sutra. Karena bahannya halus, lembut dan nyaman, spandek harganya relatif mahal. Jilbab yang terbuat dari Spandek relatif mahal dibanding dengan jilbab lainnya. Ciri-Ciri kain spandeks yang paling menonjol adalah sifatnya yang lebih elastis. Keuntungan kaos dengan bahan spandeks adalah dapat dipakai dalam berbagai situasi, terlebih untuk orang yang banyak bergerak. Kelebihan : Hijab dengan bahan spandek yang bagus memiliki kemampuan menyerap keringat yang sangat baik, sehingga tetap nyaman untuk digunakan saat cuaca panas. Teksturnya yang sangat elastis membuat hijab berbahan spandek lebih mudah untuk dibentuk dan dikreasikan sesuai dengan keinginan. Kekurangan : Bahan ini akan mudah melar jika dicuci dengan cara yang tidak benar.

CERUTY

Jenis kain ini memiliki tekstur yang elastis, karena dalam bahan dasarnya kain ini mengandung bahan sutra yang lembut, sehingga kain kerudung jenis ini memberikan kesan mewah dan elegan, tekstrur kain kerudung ini seperti kulit jeruk.

RAYON

Kelebihan : Hijab berbahan rayon nyaman dan sangat cocok dipakai ketika cuaca panas karena kemampuannya yang baik dalam menyerap keringat. Selain itu, bahan ini juga sangat cocok untuk dipakai sehari-hari karena kesannya yang casual. Teksturnya juga mudah untuk diatur dan dikreasikan sesuai dengan keinginan. Kekurangan : Bahan ini mudah kusut dan terkadang luntur saat dicuci. Jika digunakan terlalu lama, hijab berbahan rayon juga dapat menimbulkan bau tidak sedang karena menyerap keringat.

PE atau POLY ETHILENE

PE atau Poly Ethilene adalah sejenis bahan kaos non alami yang populer digunakan sebagai bahan jilbab. Kainnya umumnya relatif tebal, halus dan lembut. Karena keunggulan tersebut banyak digunakan untuk membuat jilbab, khususnya jilbab yang ukurannya relatif besar.

KAOS

Kerudung dengan bahan kaos  sangat laku di pasaran, Bahan dasar kain kerudung ini yaitu katun atau serat kapas alam. Bahan kaos Della dengan karakter kain jatuh, adem, elastis, nyaman dipakai. biasanya dipakai untuk bahan jilbab jumbo karena karakter kainnya yang adem. Bahan kaos terkenal cukup elastis dan mudah menyerap keringat. Jilbab berbahan kaos nyaman dipakai tapi sangat mudah kendur. Agar jilbab berbahan kaos lebih awet, sebaiknya menghindari pengkucekan secara berlebihan saat mencuci – jilbab juga akan lebih awet jika tidak terlalu sering dicuci. Kelebihan : Kaos merupakan salah satu bahan hijab yang nyaman digunakan sehari-hari dan saat cuaca panas. Bahan ini juga mudah dibentuk menjadi beragam model hijab, dan tidak luntur saat dicuci. kekurangan : Bahan kaos mudah melar setelah dicuci berulang kali.

JERSEY

Bahan jersey merupakan kain cotton strech, halus, lebih tebal dari spandek rayon dan tidak berbulu. Kain hangat, fleksibel, elastis, dan sangat isolasi. Jersey juga cenderung lembut dan kainnya dingin (adem), sehingga sangat nyaman dan memberi kesan jatuh saat dipakai. Kelebihan : Hijab berbahan jersey memiliki tekstur lembut dan ringan sehingga sangat nyaman dipakai, serta memberi kesan jatuh saat dipakai. Kekurangan : Teksturnya akan membuat wajah yang menggunakannya terlihat lebih berisi.

POLYSTER

Kelebihan Hijab berbahan polyester ini cocok untuk digunakan dimanapun, mulai dari dipakai sehari-hari hingga pergi ke pesta. Selain itu, bahan ini juga tidak mudah kusut dan tidak memerlukan perawatan khusus. Kekurangan kemampuannya dalam menyerap keringat sangat buruk sehingga tidak cocok untuk digunakan saat cuaca panas. Teksturnya yang kurang lentur juga membuat hijab berbahan polyester sulit untuk dikreasikan menjadi berbagai model hijab. Kain Polyseter
Jenis bahan untuk membuat jilbab ini memang memiliki serat yang tebal dan kaku sehingga  jilbab berbahan dasar polyseter biasanya sedikit sulit untuk dikreasikan. Selain itu jilbab dengan bahan ini cukup terasa panas di kepala apalagi jika terkena sinar matahari secara langsung.

Diatas merupakan beberapa jenis bahan kain untuk pembuatan hijap fashion,pemilihan bahan hijab yang ingin digunakan sangat penting untuk diperhatikan karena mengingat kegiatan apa yang akan kita kerjakan sehingga harus membuat rasa nyaman saat kita menggunakannya.Jangan sampai kita salah memilih bahan women hijab fashion hanya karena kurang mengerti tentang bahan hijab tersebut dan hanya membeli karena tertarik pada cover hijab yang bagus.Saat membeli hijab harus disesuaikan dengan kegiatan apa yg kita kerjakan dengan hijab tersebut,agar menimbulkan rasa nyaman setiap saat dengan berhijab.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *